SILABUS
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
1.1 |
Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan
meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu. |
Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33 serta hadis tentang semangat menuntut
ilmu. |
ü
Menyimak bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33. ü
Mencermati artiQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33 serta hadis tentang semangat menuntut ilmu. ü
Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan
“Al” Qamariyah. ü Mengajukan pertanyaan tentang
pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan
lain yang relevan. ü Menanyakan cara membaca dan menghafalkan Q.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. ü Mengajukan pertanyaan mengenai
hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. ü
Diskusi menyusun arti kataQ.S. al-Mujādilah
/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 menjadi terjemah secara utuh. ü
Secara berpasangan membaca dan
menghafalkanQ.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. ü Secara berkelompok mencari
dan mengumpulkan lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan
“Al” Qamariyah di dalam mushaf al-Qur’ān. ü Berdiskusi tentang pentingnya
semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari. ü
Merumuskan,
mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. ü
Mengklasifikasi lafaz yang mengandung
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah yang terdapat pada Q.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. ü
Melakukan
koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang mengandung bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. ü
Membuat
paparan keterkaitan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan
sehari-hari dengan pesan yang terkandung dalamQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33. ü
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33. ü
Menunjukkan/memaparkan
hasil diskusi makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33. ü Menanggapi paparan makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33. ü
Menyajikan
paparan hasil pencarian hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33. ü
Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan
sehari-haridengan pesan yang terkandung dalamQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33. ü
Menyusun
kesimpulan maknaayat dengan bimbingan guru. |
|
2.1 |
Menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan
hadis terkait. |
|||
3.1 |
Memahami makna Q.S. al-Mujadilah /58:
11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu |
|||
4.1 |
4.1.1 |
Membaca Q.S. al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dengan
tartil. |
||
4.1.2 |
Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. |
|||
4.1.3 |
Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesanQ.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. |
|||
1.2 |
Terbiasa membaca al-Qur’ān
dengan meyakini bahwa Allah mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan
pemaaf. |
Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134 dan Hadis terkait tentang ikhlas,
sabar, dan pemaaf. |
ü
Menyimak bacaanQ.S. an-Nisá/4: 146,
Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134. ü
Mencermati arti Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134. ü
Menyimak penjelasan tentang hukum
bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun. ü
Mengajukan pertanyaan tentang
pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau
pertanyaan lain yang relevan dan aktual. ü
Menanyakan cara membaca dan
menghafalkan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134. ü
Mengajukan pertanyaan mengenai hukum
bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun. ü
Diskusi menyusun arti perkata Q.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134menjadi
terjemah secara utuh. ü
Secara berpasangan membaca dan
menghafalkan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134. ü
Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan
macam-macam hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun di dalam mushaf
al-Qur’ān. ü
Mengumpulkan informasi mengenai
ikhlas, sabar, dan pemaaf dari berbagai sumber. ü
Merumuskan, mengoreksi, dan
memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153,
dan Q.S. Áli Imrān/3: 134. ü
Mengidentifikasi dan mengklasifikasi
hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134. ü
Melakukan koreksi secara berkelompok
terhadap hasil pengumpulan contoh-contoh hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan
mim sukun. ü
Membuat paparan hubungan keterkaitan
ikhlas, sabar, dan pemaaf
dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134. ü
Menunjukkan / memaparkan hasil
diskusi maknaQ.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134. ü
Menanggapi paparan maknaQ.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134. ü
Menyajikan paparan hasil pencarian
hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134. ü
Menyajikan paparan mengenai hubungan keterkaitan
ikhlas, sabar, dan pemaaf
dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134. ü
Menyusun kesimpulan makna ayat dengan
bimbingan guru. |
|
2.2 |
Menunjukkan perilaku ikhlas, sabar,
dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134, dan Hadis terkait. |
|||
3.2 |
Memahami makna Q.S. an-Nisá/4: 146,
Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait
tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf. |
|||
4.2 |
4.2.1 |
Membaca Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan tartil. |
||
4.2.2 |
Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nisá/4:
146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan lancar. |
|||
4.2.3 |
Menyajikan keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan
Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134. |
|||
3.1 |
Meyakini
bahwa Allah Swt. Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha
Melihat. |
Al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir. |
ü Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait
dengan iman kepada Allah Swt. ü Menyimak dan mencermati penjelasan mengenai iman kepada
Allah Swt. ü Membaca dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt. beserta
artinya. ü Mengajukan pertanyaan tentang iman kepada Allah Swt. ü Mengajukan pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual
tentang keimanan kepada Allah Swt. ü Mencari dalil naqli yang menjelaskan iman kepada Allah
Swt. ü Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata
perilaku yang mencerminkan al-Asma‘u
al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. ü Mendiskusikan makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. ü Menghubungkan makna dalil naqli tentang iman kepada Allah
Swt. dengan konteks kehidupan sehari-hari. ü Menghubungkan makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir dengan contoh perilaku manusia dalam kehidupan
sehari-hari. ü Menyajikan paparan tentang makna al-Asma‘u al-Husna:
al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari. ü Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan tentang
al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. ü Menyusun kesimpulan. |
|
3.2 |
Menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan
kerja keras sebagai implementasi makna
al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. |
|||
3.3 |
Memahami makna al-Asma‘u al-Husna:
al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. |
|||
4.3 |
Menyajikan contoh perilaku yang
mencerminkan orang yang meneladani al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir. |
|||
1.4 |
Beriman
kepada malaikat-malaikat Allah Swt. |
Iman kepada Malaikat Allah Swt. |
ü Mengamati dan memberi komentar
gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada malaikat Allah Swt. ü Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai iman kepada malaikat Allah Swt. ü Membaca dalil naqli tentang iman
kepada malaikat Allah Swt. beserta artinya. ü Mengajukan pertanyaan tentang
malaikat Allah, atau pertanyaan lain yang relevan. ü Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat
beriman kepada malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari. ü Mencari dalil naqli yang
menjelaskan iman kepada malaikat Allah Swt. ü Secara berkelompok mengumpulkan
contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah
Swt. ü Mendiskusikan makna beriman
kepada malaikat Allah Swt. ü Menghubungkan tugas para
malaikat dengan fenomena kehidupan sehari-hari. ü Merumuskan makna beriman kepada
malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari. ü Menyajikan paparan contoh-contoh
nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt dalam
kehidupan sehari-hari. ü Menyajikan paparan makna beriman
kepada malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari. ü Menanggapi pertanyaan dan
memperbaiki. ü Menyusun kesimpulan. |
|
2.4 |
Menunjukkan perilaku disiplin sebagai cerminan makna
iman kepada malaikat. |
|||
3.4 |
Memahami makna iman kepada malaikat
berdasarkan dalil naqli. |
|||
4.4 |
Menyajikan contoh perilaku yang
mencerminkan iman kepada malaikat Allah Swt. |
|||
1.5 |
Meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah
adalah perintah agama. |
Jujur, amanah, istiqamah sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfal /8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan
Hadis terkait. |
ü Mengamati dan memberi komentar gambar
atau tayangan yang terkait dengan jujur, amanah, dan istiqamah. ü Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai jujur, amanah, dan istiqamah. ü Membaca Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfal
/8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis terkait dengan artinya. ü Mengajukan pertanyaan tentang
cara menumbuhkan jujur, amanah, dan istiqamah. ü Mengajukan pertanyaan tentang
manfaat perilaku jujur, amanah, dan istiqamah, atau pertanyaan lain yang
relevan dan aktual. ü Secara berkelompok mencari contoh-contoh
nyata jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari melalui
berbagai sumber. ü Mendiskusikan dan mengelompokkan
data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap jujur, amanah,
dan istiqamah. ü Merumuskan makna jujur, amanah,
dan istiqamah sesuai dengan Q
Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S. al-Ahqāf /46: 13
dan hadis terkait. ü Menghubungkan dalil naqli
perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan contoh nyata dalam kehidupan
sehari-hari. ü Memaparkan makna jujur, amanah,
dan istiqamah sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S.
al-Ahqāf /46: 13 dan hadis terkait. ü Memaparkan hubungan dalil naqli
perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan contoh nyata dalam kehidupan
sehari-hari. ü Menyajikan penerapan perilaku
jujur, amanah, dan istiqamah melalui demonstrasi, sosiodrama, atau bentuk
lainnya. ü Menanggapi pertanyaan dan
memperbaiki paparan. ü Menyusun kesimpulan. |
|
2.5 |
Menunjukkan perilaku jujur, amanah,
dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari. |
|||
3.5 |
Memahami makna perilaku jujur,
amanah, dan istiqamah. |
|||
4.5 |
Menyajikan makna perilaku jujur,
amanah, dan istiqamah. |
|||
1.6 |
Menyakini bahwa hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama adalah perintah
agama. |
Empati, terhadap sesama, hormat dan
patuh kepada kedua orang tua dan guru. |
ü Mengamati dan memberi komentar
gambar atau tayangan yang terkait dengan empati, hormat terhadap orang tua
dan guru dalam kehidupan sehari-hari. ü Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan
sehari-hari. ü Mengajukan pertanyaan tentang
cara menumbuhkan sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru. ü Mengajukan pertanyaan mengenai
manfaat sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru, atau pertanyaan
lain yang relevan. ü Secara berkelompok mencari
contoh-contoh nyata sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru di
sekolah dan di masyarakat. ü Mendiskusikan dan mengelompokkan
data dan informasi tentang manfaat yang diperoleh dari sikap empati, hormat
terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari. ü Merumuskan makna empati, hormat
terhadap orang tua dan guru. ü Menghubungkan dalil naqli
tentang empati, hormat terhadap orang tua dan guru dengan kenyataan dalam
kehidupan sehari-hari. ü Memaparkan makna empati, hormat
terhadap orang tua dan guru. ü Memaparkan hubungan dalil naqli
tentang empati, hormat terhadap orang tua dan guru dengan kenyataan dalam
kehidupan sehari-hari. ü Menyajikan penerapan perilaku
empati, hormat kepada kedua orang tua dan guru melalui demonstrasi,
sosiodrama, atau bentuk lainnya. ü Menanggapi pertanyaan dan
memperbaiki paparan. ü Menyusun kesimpulan. |
|
2.6 |
Menunjukkan perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan
sehari-hari. |
|||
3.6 |
Memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama. |
|||
4.6 |
Menyajikan makna hormat dan patuh
kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama. |
|||
1.7 |
Menghayati ajaran bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam. |
Ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. |
ü Mengamati dan memberi komentar gambar
atau tayangan yang terkait dengan kebersihan. ü Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Membaca dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Mengajukan pertanyaan mengenai
permasalahan yang terkait dengan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Mengajukan pertanyaan yang
terkait dengan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Secara berkelompok mencari data dan
informasi untuk menjawab permasalahan yang terkait dengan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Mendiskusikan tata cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar. ü Mengembangkan paparan mengenai ketentuan dan tata cara
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Mendiskusikan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Berlatih mempraktikkan/
menerapkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Merumuskan ketentuan dan tata
cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Merumuskan manfaat bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar. ü Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Menyajikan paparan tentang
ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. ü Memaparkan rumusan hikmah dan
manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar. ü Menanggapi pertanyaan dalam
diskusi. ü Merumuskan kesimpulan. |
|
2.7 |
Menunjukkan perilaku hidup bersih sebagai wujud
ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam. |
|||
3.7 |
Memahami ketentuan bersuci dari hadas
besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam. |
|||
4.7 |
Menyajikan cara bersuci dari hadas
besar. |
|||
1.8 |
Menunaikan salat wajib berjamaah
sebagai implementasi pemahaman rukun Islam. |
Salat berjamaah |
ü Mengamati dan memberi komentar
gambar atau tayangan yang terkait dengan salat
berjamaah. ü Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai tata cara salat berjamaah. ü Membaca dalil naqli mengenaisalat berjamaah. ü Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan salat berjamaah. ü Mengajukan pertanyaan terkait
dengan tata cara pelaksanaan salat berjamaah. ü Secara berkelompok mencari data
dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat,
dan halangan salat berjamaah. ü Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan
salat berjamaah. ü Berlatih mempraktikkan salat
berjamaah. ü Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan
salat berjamaah menjadi paparan yang menarik. ü Merumuskan prosedur praktik salat berjamaah. ü Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan
salat berjamaah. ü Mendemonstrasikan praktik salat berjamaah. ü Menanggapi pertanyaan dalam
diskusi. ü Merumuskan kesimpulan. |
|
2.8 |
Menunjukkan perilaku demokratis
sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah. |
|||
3.8 |
Memahami
ketentuan salat berjamaah. |
|||
4.8 |
Mempraktikkan salat berjamaah. |
|||
1.9 |
Menunaikan salat Jum’at sebagai
implementasi pemahaman ketaatan beribadah. |
Ketentuan Salat Jum’at |
ü Mengamati dan memberi komentar
gambar atau tayangan yang terkait dengan salat
Jum’at. ü Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai tata cara salat Jum’at. ü Membaca dalil naqli mengenai salat Jum’at. ü Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan salat Jum’at. ü Mengajukan pertanyaan terkait
dengan tata cara pelaksanaan salat Jum’at. ü Secara berkelompok mencari data
dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara,
manfaat, dan halangan salat Jum’at. ü Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan
salat Jum’at. ü Berlatih mempraktikkan salat Jum’at. ü Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan
halangansalat Jum’at menjadi paparan yang menarik. ü Merumuskan prosedur praktik salat Jum’at. ü Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan
salat Jum’at. ü Mendemonstrasikan praktik salat Jum’at. ü Menanggapi pertanyaan dalam
diskusi. ü Merumuskan kesimpulan. |
|
2.9 |
Menunjukkan perilaku peduli terhadap
sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan salat Jum’at. |
|||
3.9 |
Memahami ketentuan salat Jum’at. |
|||
4.9 |
Mempraktikkan salat Jum’at. |
|||
1.10 |
Menunaikan salat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai
implementasi pemahaman ketaatan beribadah. |
Ketentuan Salat jamak qasar. |
ü Mengamati dan memberi komentar
gambar atau tayangan yang terkait dengan salat
jamak qasar. ü Menyimak dan membaca penjelasan mengenai
tata cara salat jamak qasar. ü Membaca dalil naqli mengenai salat jamak qasar. ü Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan salat jamak
qasar. ü Mengajukan pertanyaan terkait
dengan tata cara pelaksanaan salat jamak qasar. ü Secara berkelompok mencari data
dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan
hikmah salat jamak qasar. ü Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan hikmah jamak qasar. ü Berlatih mempraktikkan salat jamak qasar. ü Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan hikmahsalat jamak qasar menjadi paparan yang
menarik. ü Merumuskan prosedur praktik salat jamak qasar. ü Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan hikmah salat jamak qasar. ü Mendemonstrasikan praktik salat jamak qasar. ü Menanggapi pertanyaan dalam
diskusi. ü Merumuskan kesimpulan. |
|
2.10 |
Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi
pelaksanaan salat jamak qasar. |
|||
3.10 |
Memahami ketentuan salat jamak qasar. |
|||
4.10 |
Mempraktikkan salat jamak dan qasar. |
|||
1.11 |
Menghayati perjuangan Nabi Muhammad
saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt. |
Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw.
periode Makkah |
ü Mengamati dan memberi komentar gambar
atau tayangan yang terkait dengan perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Makkah. ü Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Makkah. ü Mengajukan pertanyaan mengenai
keadaan masyarakat Makkah sebelum datangnya nabi Muhammad saw. ü Mengajukan pertanyaan terkait
kronologi diangkatnya nabi Muhammad saw. menjadi rasul atau pertanyaan lain yang relevan. ü Mengumpulkan data dan fakta
(waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa kelahiran Nabi Muhammad saw. ü Mengumpulkan data dan fakta
(waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi
Muhammad saw. diangkat menjadi rasul. ü Mengumpulkan data dan fakta
(waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi Muhammad Saw. berdakwah
di Makkah. ü Mendiskusikan strategi dakwah Nabi
Muhammad saw. periode Makkah. ü Menghubungkan antara waktu,
tempat, peristiwa, dan tokoh, dalam sejarah perjuangan Nabi
Muhammad saw. periode Makkah dalam
bentuk diagram alur. ü Merumuskan strategi dakwah Nabi
Muhammad saw periode Makkah. ü Menyajikan paparan diagram alur sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah. ü Menyajikan paparan strategi
dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah. ü Menanggapi pertanyaan. ü Menyusun kesimpulan. |
|
2.11 |
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad
saw. periode Makkah. |
|||
3.11 |
Memahami sejarah perjuangan Nabi
Muhammad saw. periode Makkah. |
|||
4.11 |
Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi
Muhammad saw. periode Makkah. |
|||
1.12 |
Menghayati perjuangan Nabi Muhammad
saw. Periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah Swt. |
Sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Madinah |
ü Mengamati dan memberi komentar
gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Madinah. ü Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Madinah. ü Mengajukan pertanyaan mengenai
keadaan masyarakat Madinah sebelum datangnya nabi Muhammad saw. ü Mengajukan pertanyaan terkait
hijrahnya Nabi Muhammad saw. dan para sahabat ke Madinah. ü Mengumpulkan data dan fakta
(waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) terkait dengan hijrahnya Nabi Muhammad
saw. dan para sahabat ke Madinah. ü Mengumpulkan informasi mengenai
hubungan antara sahabat Muhajirin dan Anshar. ü Mengumpulkan informasi mengenai
hubungan antara kaum muslimin dengan warga non-muslim di Madinah. ü Mengumpulkan informasi mengenai
hubungan antara kaum muslimin dengan orang-orang kafir Makkah. ü Mengumpulkan data dan fakta
(waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) terkait dengan peristiwa fathu Makkah. ü Mendiskusikan strategi dakwah
Nabi Muhammad saw. periode Madinah. ü Menghubungkan antara waktu,
tempat, peristiwa, dan tokoh, dalam sejarah perjuangan Nabi
Muhammad saw. periode Madinah mulai dari peristiwa hijrah sampai fathu makkah dalam bentuk diagram alur. ü Mengolah informasi mengenai
hubungan antara sahabat Muhajirin dan Anshar, kaum muslimin dengan warga
non-muslim di Madinah, dan kaum muslimin dengan dengan orang-orang kafir Makkah. ü Merumuskan strategi dakwah Nabi
Muhammad saw.periode Madinah. ü Menyajikan paparan diagram alur
mengenai sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah
mulai dari peristiwa hijrah sampai fathu
makkah. ü Menyajikan informasi mengenai
hubungan antara sahabat Muhajirin dan Anshar, kaum muslimin dengan warga
non-muslim di Madinah, dan kaum muslimin dengan dengan orang-orang kafir
Makkah. ü Memaparkan strategi
perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah. ü Menanggapi pertanyaan. ü Menyusun kesimpulan. |
|
2.12 |
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad
saw. periode Madinah. |
|||
3.12 |
Memahami sejarah perjuangan Nabi
Muhammad saw. periode Madinah. |
|||
4.12 |
Menyajikan strategi perjuangan yang
dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah. |
|||
1.13 |
Menghayati perjuangan dan kepribadian
al-Khulafa al-Rasyidun sebagai penerus perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam
menegakkan risalah Allah Swt. |
Sikap terpuji al-Khulafa al-Rasyidun |
ü Mengamati dan memberi komentar
gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan
al-Khulafa al-Rasyidun. ü Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai sikap terpujial-Khulafa al-Rasyidun. ü Mengajukan pertanyaan mengenai
sikap yang dimiliki oleh al-Khulafa al-Rasyidun. ü Mengajukan pertanyaan terkait
kronologi kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun atau pertanyaan lain yang
relevan. ü Mengumpulkan data dan fakta
(waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) mengenai perkembangan Islam pada masa
kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun. ü Mengumpulkan informasi mengenai
kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun. ü Mendiskusikan strategi
perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun. ü Menghubungkan data dan fakta
(waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) mengenai perkembangan Islam pada masa
kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk diagram alur. ü Mengolah informasi mengenai
kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk paparan. ü Merumuskan strategi perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun. ü Menyajikan perkembangan Islam
pada masa kepemimpinan Khulafaurrasyidin berupa diagram alur yang memuat
waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh. ü Menyajikan informasi mengenai
kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk paparan. ü Memaparkan strategi perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun. ü Menanggapi pertanyaan. ü Menyusun kesimpulan. |
|
2.13 |
Meneladani perilaku terpuji
al-Khulafa al-Rasyidun. |
|||
3.13 |
Memahami sejarah perjuangan dan
kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun. |
|||
4.13 |
Menyajikan strategi perjuangan dan kepribadian
al-Khulafa al-Rasyidun. |
Mengetahui, Kepala
Sekolah SMPN ……. ................................................................. NIP.
......................................................... |
|
Lebak,
........................... 20....../20.......... Guru
Mata Pelajaran PAI Kelas 7 …………………………………. NIP.
.................................................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar